Pantai Pulau Merah : Live Painting ala Wide Lens

          Memotret pantai, dengan kamera lensa normal, biasanya jadi tidak begitu menarik karena yang tertangkap hanyalah garis Horison pantai dan air yang meluber ke pasir. Sudahhh... Masih bagus jika ada suasana debur ombak yang tertangkap, jika pantainya punya garis pantai yang panjang, ombaknya tenang, justru fotonya jadi tambah hambar,, hehe, menurut mimpinglukis secara personal sih. 

        Lalu karena tampaknya foto horison dan luberan air tidak begitu menarik,  kita jadi ingin mengambil angle lain, atau ingin berfoto dengan background pantai,tetapi pada akhirnya sama saja tidak begitu menarik. Melihat pantai melalui lensa kamera tetap saja tidak bisa menggantikan pandangan mata yang luass yang bisa benar-benar melihat landscape struktur, kontur environment yang kita hadapi secara langsung.

       Pada dasarnya, mimpinglukis males sekali apabila berfoto dengan latar belakang pantai, karena hanya ada 2 pilihan yang enggak enak,  yang pertama foto yang memperlihatkan luasnya pantai, lalu foto kita disitu jadi tampak kecil, sedihnya lebih bagus foto siluet dari pada foto kelihatan muka. Yang kedua adalah, memfokuskan foto kita sebagai objek utama, tetapi kemudia enggak terlalu teridentifikasi deh, kita lagi poto dimana, soalnya air semua di belakang. Hehehe

          Ahhh.. tapi apalah, sebenarnya ini bukan tulisan yang mengulas tentang fotografi, tetapi tidak lain dan tidak bukan adalah tulisan yang masih akan menjabarkan tentang melukis On the Spot Live painting. Yess.. oooohhh,, apa ada yang bosan? Saya harap enggak yaa,, soalnya teknik On the spot kali ini adalah melukis obek  pantai menggunakan watercolor dengan teknik pandangan Lensa Wide. Karena wide berarti lebar Artinya teknik watercolor kali ini akan membuat kertas secuil ukuran 21 cmx 29,5 cm bisa menyediakan gambar dengan objek sepanjang garis pantai dari ujung pantai satu ke ujung pantai yang lain, yang paling penting gratis, tanpa Menyewa lensa wide atau bahkan membelinya, kita akan memakai saja style karakter foto yang diambil menggunakan lensa wide.

Mengambil dari blog sebelah : Lensa wide (atau wideangle) sesuai namanya biasa disebut juga dengan lensa (sudut) lebar. Makna dari lebar artinya bisa mencakup sudut gambar yang luas sehingga lensa ini bisa memasukkan area yang luas dalam satu bidang foto.                           ( https://gaptek28.wordpress.com/2011/10/25/yang-anda-perlu-tahu-tentang-lensa-wide/)


Jadi yang Mimpinglukis lakukan untuk membuat Watercolor painting seri Wide Lens ini adalah dengan Memandang ujung kanan sampai ujung kiri pantai nun jauh disana dan 'merangkumnya kedalam secarik kertas.

Kenapa dipilih teknik menggambar seperti ini? Karena Mimpinglukis kemaruk saat itu (maunya banyak). Mimpinglukis bingung antara ingin menggambar sisi pemandangan pantai sebelah kiri atau yang sebelah kanan, keduanya sama-sama bagus. Sebelah kiri kami ketika memandang pantai, adalah sebuah pemandangan ikonik dari Pulau Merah, salah satu Pantai  terkenal dan hits di Banyuwangi. Jika kita lihat, Pulau yang berbentuk seperti tumpeng tersebut adalah pulau yang sangat khas dari Pantai Pulau Merah, dan Pulau itulah salah satunya nantinya yang ketika senja akan berwarna merah. Sebelah kanan-pun pemandangannya tidak kalah menarik, bibir pantai yang panjang dan berbentuk melengkung dihiasi oleh gugusan pulau-pulau kecil berbentuk tumpeng juga. Pantainya yang bergradasi biru kehijauan dan menjadi bening ketika menyentuh pantai, semuanya menarik untuk dilukis. Tetapi karena waktu kami yang tidak banyak (hanya dua jam) jadi dipilihlah teknik merangkum ini. 


Bagaimana cara membuat lukisan Live Painting ala Wide Lens?




1. Mengambil jarak terjauh, mengamati seluruh pemandangan pantai dari ujung kiri yang terdekat, sampai ujung kanan menuju jarak terjauh.




2. Melihat perbedaan kontur pantai, mengamati pemandangan pulau-pulau dan aktivitas pengunjung di bibir pantai.


3. Memulai menggambar dengan objek yang menarik dan memicu perhatian mata terlebih dulu. 


4. Dimulai dari kiri terlebih dahulu (optional), bagian yang ikonik digambar diposisi tengah (Pulau Merah ) atau digambarkan menyolok dan lebih besar (Payung besar berwarna merah).



5. Menggunakan Cat air merk "Royal Talens tipe Van Gogh" dan kuas bulu "Pure Squirrel PETIT GRIS PUR WINSOR & NEWTON ENGLAND Number 00".

6. Aplikasi pen "Artline Drawing System no. 07" untuk membuat outline atau menambahkan bagian-bagian detail.


7. Alat-alat yang dipakai


Fin...



0 komentar:

Posting Komentar

 

Flickr Photostream

Twitter Updates

Meet The Author