Beberapa Masalah Ketika Melukis Di Tempat (Live Painting)


Live Painting is an art form in which an artist creates a painting on-site in front of a live audience at a special event such as a wedding, fundraiser, or conference. Harriet Chiang (2005-07-22)."Berkeley ;Painting in public". San Francisco Chronicle.(Wikipedia).


Live Painting kami sering menyebutnya sebagai Painting/ Sketching/ drawing On the Spot, yang kira-kira artinya melukis atau menggambar, membuat sketsa disitu juga, saat itu juga, gak boleh dibawa kemana-mana, gak bisa dilanjutin nanti pas di rumah, atau 2 hari lagi baru selesai, enggak begitu. Kalau ingin melukis /menggambar/ sketsa On the Spot artinya dimulai dan  selesaikan di tempat yang sama hari itu juga. Boleh sih ditinggal Ke toilet dulu, makan-makan dulu, tetapi asal ingat aja, tadi posisi gambar dari mana, kalau perlu dibikin tanda dimana kita tadi nggambarnya.. hehee. 


Untuk membuat lukisan On The spot, kita bisa menggunakan media apa saja, kanvas, kertas gambar, kertas cat air, macam-macam yang mudah diakses bagi masing-masing penikmat On The spot. Menggambar secara langsung seperti ini di beberapa kalangan penggemar sketsa merupakan sebuah aktivitas dan apa yaa... gaya hidup mungkin, karena ketika mereka duduk menunggu di suatu tempat, mereka menunggu sambil Live Sketch, ketika sedang bersantai dan minum kopi di caffe, mereka akan menggambar juga, saat di pinggir jalan, melihat suatu bangunan yang menarik, rasanya ingin mengabadikan dalam gambar. Nah orang-orang yang memiliki hobby seperti itu jika kita lihat di instagram sering disebut sebagai #urbansketcher. Karena biasanya Foto-foto yang mereka unggah adalah gambar-gambar/ sketsa live sketch dari objek-objek urban. Mungkin akan ada penyebutan lain untuk On the Spot yang menggambil objek pedesaan misal suburbansketcher (mungkin lho yaa,,mari lihat di Instagram,, hehe)  


Apa keuntungannya menggambar on the spot atau live sketch seperti ini?, pertama, untuk melatih kepekaan objek-objek dari yang kecil sampai yang besar yang ada di depan mata. kedua bisa mengamati perilaku sosial masyarakat jika kita melibatkan menggambar aktivitas didalamnya. Bisa juga sebagai melatik tangan untuk kreatif dan mengasah kemampuan menggambar, belajar melihat perspektif, memainkan perspektif,dll. pokoknya tetap ada manfaatnya. dan manfaat yang terpenting adalah bisa sebagai buku diary, mendokumentasikan sesuatu yang pernah kita lihat. Karena bisa jadi yaa yang pernah kita gambar sekarang, 10 tahun lagi sudah berganti formasi, bentuk, mengalami renofasi dan sebagainya. Jadi,,, Simpan gambar / sketsa yang telah dibuat, kita bisa bernostalgia dengan itu nantinya. 

Pada saatnya sketsa tersebut akan bisa bercerita jauh lebih romantis dari pada foto atau video.


 Sewaktu sedang On The Spot, Bisa saja ada yang datang seperti ini



Atau bisa juga jadi sebanyak ini yang datang,,, hehehee


Tetap Fokus....

Mereka akan berkomentar dan bertanya bayak hal, seperti gambarnya bagus, kuliah dimana? tiang listriknya kok nggak ada?, yang di sebelah situ gambar apa?, wahh mirip ya atau bisa juga, wah jelek. Tetanggaku juga sering melukis, lukisannya lebih bagus. Tetapi, pasang kepala batu dan tetap murah senyum aja, terserah mereka mau bilang apa yang keluar dari mereka adalah komentar, kadang memang bisa membangun, kadang menyakitkan. Bagaimana lagi, On the Spot seperti ini kadang Publik akan ikut menilai. Kecuali jika kita mengambil tempat disebuah sudut cafe, atau di meja restoran yang sudah di pesan sebelumnya, akan lebih minim orang-orang yang datang dan berkomentar yang bisa menggoyahkan proses berkarya kita. 


Mengingat-ingat......

Sewaktu menangkap sebuah objek, Orang maupun kendaraan bisa datang dan pergi, tetapi kita tetap harus bisa mempertahankan apa yang sudah dimulai melalui sketsa. Jadi ingatan sangatlah penting. apa yang dituangkan dalam sketsa awal, harus diselesaikan hingga akhir prosesnya.  



Coba Cari perbedaannya...

Ketika sudah jadi dan berpose dengan karya, apa bedanya antara lukisan dan objek yang dilukis? Banyak,, hehe termasuk arah jatuhnya bayangan yang sudah berubah karena berlalunya waktu, Becak yang sudah pergi, taksi yang lalu lalang. Meskipun demikian, kita tetap bisa tahu kalau situasi dan tempat pengambilan gambarnya adalah tempat yang sama. Okayy bertemu kembali
Fin....



0 komentar:

Posting Komentar

 

Flickr Photostream

Twitter Updates

Meet The Author