Lalat Musuhnya Cat Air

Semalam Mimpinglukis rencananya mau bikin quick tutorial melukis watercolor teknik aquarelle dan modelnya adalah Mbak Dian Pelangi, maksudnya kita ambil gambarnya mbak Dian dari Instagram sih . sudah terbayang deh sesuatu yang seru,  dan pasti akan menyenangkan. Tetapi yang sudah dibayangkan menyenangkan itu tidak jadi menyenangkan gara-gara LALAT. Ya memang Gara-gara lalat akhirnya lukisan tidak selesai karena mimpinglukis sudah terlanjur gagal fokus. 

Tidak hanya makanan dan benda-benda busuk, lalat merupakan hewan yang senang sekali dengan cat air. mengapa? entahlah mungkin dia tertarik sama warnanya yang menarik dan disangka warna makanan. Meskipun bukan itu alasanannya tetapi dari pengamatan, yang jelas lalat senang sekali berada disekitar area tempat melukis. Meskipun sudah di "shu.. shu.." supaya pergi jauh tetapi yaa ujung-ujungnya balik lagi deh, yang awalnya terbang-terbang lalu "tuippp!" hinggap di samping objek gambar, merampat-rambat jalan sedikit demi sedikit, menunggu pelukisnya lengah, lalu "haapp", di jamah deh itu warna-warni yang sudah di sapukan diatas kertas tersebut. Kalau kamu tidak mengusir lalat yang hinggap tersebut, maka warna pada gambar akan menjadi tidak rata, bercak-bercak seperti lantai yang baru saja di pel dan masih basah, terinjak-injak oleh kaki. Akan tetapi yang sebenarnya adalah, pigmen warna itu sedang di jilat-jilat oleh lalat,,eww banget kan. Serasa mengalami sexual harassment. 

---Begitulah, mimpinglukis terlalu sibuk untuk mengusir-usir lalat dan jadi gak konsen deh nglukisnya ... huftttt--
                                Persiapan sudah maksimal, tetapi hasilnya kurang maksimal ya...

 Meskipun demikian inilah hasilnya tadaaa,, lumayan okke kan ya? 
okke donkk okke yaa,, hehee

Begitulah jadi, bagi yang senang melukis menggunakan cat air berhati-hatilah dengan hewan lalat. Sebenarnya selain lalat juga ada satu hewan lagi yang perlu di waspadai, yakni semut. sama halnya dengan lalat, semut juga menjilati lapisan cat air sehingga menimbulkan bintik-bintik putih pada kertas dikarenakan lapisan cat air yang hilang karena jilatan. 

Apabila mereka menjilat catnya dengan begitu khusuknya, maka kertas yang digunakan bisa berlubang. Kalau sudah begitu, meski kertas yang telah mengalami 'harrashment' tersebut di tutupi lagi dengan menguaskan cat air yang baru, selain warnanya akan berbeda, kertas juga akan menjadi menggembung dan mburudul. Sedihkan? jadi mungkin sebelum melukis, lebih baik teman-teman siapkan lem lalat di sekitar meja kerja atau kapur anti semut. :D

Demikianlah Cerita dari Mimpinglukis kali ini, terimakasih sudah mampir, sampai jumpa di postingan berikutnya.



Kata Kunci : cat air , lalat , pengganggu, Winsor Newton, Dian Pelangi, style , art, alat lukis

0 komentar:

Posting Komentar

 

Flickr Photostream

Twitter Updates

Meet The Author