Sketch Story : Make-up Sketching di Legend Premium Kota Baru



Make-up, okey siapa yang tahu serbuk-serbuk ajaib warna-warni berbentuk padatan, sebuah mantra agung bagi kecantikan wajah perempuan ternyata bisa juga digunakan “memantrai” gambar sketsa. Mungkin sebelumnya sudah ada yang pernah menggunakan teknik ini, tetapi Mimpinglukis sendiri belum :D.



Jadi awalnya bukan dengan sengaja Mimpinglukis begitu saja membuka make-up set dan memutuskan untuk menggunakan serbuk warna-warni tersebut untuk diaplikasikan ke dalam outline gambar. Semua itu dilakukan semata-mata karena kami tidak membawa alat lukis ataupun perlengkapan watercolor pen (watercolor portable yang bentuknya mirip make-up juga) yang biasanya selalu siap sedia berada di dalam tas.




Malam di hari kelulusan selesai wisuda, kami ingin menikmati suasana keramaian Jogja, namun tetap dalam nuansa damai. Belagak layaknya anak muda gaul bocah-bocah kuliahan, kami memutuskan menikmati malam di Cafe Legend Premium, tepat di samping Cafe Legend yang ada di Kota Baru dekat Stadion Kridosono. Entah kenapa dua Cafe ini sepertinya tidak pernah sepi, setiap hari begitu banyak motor yang di parkir di depannya. Jika dilihat dari arsitekturnya, ya memang bangunannya klasik menempati rumah khas Belanda ala Kota Baru. Untuk selebihnya, kami hanya mengincar minuman favorit yakni coklat panas. Cokelat panas disini, menurut sepengetahuan kami paling kental dan nikmat. 

 Seperti biasa tangan rasanya  jadi mulai gatal kalau kami hanya duduk diam dalam kemesraan sambil menikmati hidup konsumtif tanpa ikut serta untuk produktif. Makanya mulailah Mimpinglukis menentukan objek dan menggoreskan Drawing Pen. Yapp,,, Inilah obyeknya, sudah terkunci. Dimulai dengan menentukan sudut pandang, membuat goresan tipis di sana dan di sini, kemudian memberikan garis tebal, untuk menandakan kapasitas bayangan. 


Nah, ada yang ingin dibuka sedikit dari Mimpinglukis, dalam gambar ini, mimpinglukis membuat semacam mixing background. Jadi begini, sebenarnya dengan mengambil sudut pandang seperti ini, objek yang digambar memang bisa terlihat mempesona (yessss,,hehe). Namun sesungguhnya ada sesuatu yang kurang menantang dengan backgroundnya. Backgroundnya dirasa kurang asik karena hanya memunculkan sofa merah dan tembok agak coklat putih yang terkena lampu nuansa sepia. Oleh karena itu untuk mengakalinya kita geser sudut pandang mata mengambil background rak tempat mendisplay Sesha dan jendela berbentuk busur derajat tidak sempurna dan terdistorsi (Red. pokoknya melengkung).    



Karena kami sangat ingat bahwa kami lupa membawa alat lukis ataupun watercolor pen yang biasanya siap sedia di dalam tas. Mimpinglukis memilih untuk memilih style hitam-putihan sajalah. Tetapi lama-kelamaan ternyata lagi-lagi hitam putih pun jadi kurang asik. Tidak percaya pada keyakinan ingatan kami,  Mimpinglukis mengublek-ublek tas punggung dan hemmhhh,,yaa tentu tidak ada barang-barang yang dicari. Yang ada hanya satu paket make-up set yang tadi dipakai untuk wisuda. Setelah saling pandang sepasang mata yang satu meminta ijin sekaligus pertimbangan dan mata yang lain mengiyakan saja, maka dimulailah eksplorasi tersebut. 

Cara mengaplikasikannya sama saja dengan pensil warna, ataupun cat air yang dicolek-colek itu. Karena sama-sama berpigmen, yaa anggap saja itu sebagai media lukis yang lain. Ketika digunakan, pigmen warna pada make-up ini, karakternya ya seperti bubuk. Begini, biasanya kan kita menggunakan media yang dicolek itu kan media basah, tetapi dengan make up yang bertekstur kering, itu kemudian memunculkan sensasi tersendiri. Alat yang digunakan untuk menyapukannya juga bisa yang ada pada perlengkapan make-up itu sendiri.



 Secara kebetulan, warna interior ruangan ini sama dengan warna blush on ditambah warna eye-shadow.

 



Baiklah, siapa tahu teman-teman bisa mencobanya juga. Mungkin ada make-up set yang tidak dipakai, warnanya norak jadi jarang dipakai. Nahh,,, bisa diaplikasikan dulu untuk menggambar mata dan eyeshadhownya, siapa tahu bagus dan benar-benar bisa diaplikasikan untuk mempercantik mata.. yesssss...

Selamat Bereksplorasi, selamat nongkrong, selamat malam ....... :)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Flickr Photostream

Twitter Updates

Meet The Author