Tentang Menggambar Perspektif


Menggambar perspektif itu mungkin bagi saya sudah seperti mengerjakan soal matematika (tetapi tentu tidak bagi partner saya,,huftt). Karena selain butuh keakuratan seperti perhitungan yang rumit, menggambar perspektif juga butuh proofment atau pembuktian. 

Ya semakin bagus perspektifnya, gambar yang kita buat juga semakin nyata. Secara teori menggambar perspektif membutuhkan garis horisontal kemudian menentukan titik hilang sebuah garis. Bisa menggunakan satu titik hilang, dua titik hilang atau lebih (bisa disebut juga titik lenyap). Titik hilang digunakan sebagai bantuan munculnya garis bantu, sekaligus menjadi titik atau tanda bahwa semakin benda mendekati titik hilang maka benda tersebut akan mengecil dan lenyap. 




P.manusia artinya pandangan sejajar mata manusia. Pandangan mata katak, dan juga pandangan mata burung. Jadi pandangan mata dibagi menjadi tiga posisi. Untuk titik hilang itu sendiri bisa berada dalam gambar, bisa juga terdapat di luar gambar. tergantung objek yang kita gambar.

Mengenai teori untuk menggambar perspektif, telah banyak sumber yang menjelaskannya. Jadi disini saya hanya ingin menjabarkan kegunaan studi tentang perspektif dan bagaimana mengaplikasikan perspektif untuk sebuah gambar.  

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, menggambar secara perspektif digunakan untuk membuat objek yang kita gambar menjadi nyata. Karena kenyataannya ketika kita melihat objek benda, semakin jauh sebuah benda maka, visualisasi yang kita tangkap juga semakin kecil.

 Ini adalah Societed Building yang ada di Taman Budaya Yogyakarta. Teknik perspektifnya menggunakan dua titik lenyap yang terletak di luar kotak gambar. sudut penglihatannya adalah dari pojok kanan depan bangunan. 


Karya diatas ini adalah gambar animasi yang mencontohkan gambar perspektif dengan satu titik lenyap, semakin ke kiri objek gambar semakin besar, dan semakin ke kanan semakin kecil, sehingga titik lenyap yang paling terlihat terdapat di sebelah kanan.



Selain mampu membuat gambar yang realistik, perspektif juga bisa membuat kesan yang dramatis. Menggambar biasa-biasa saja, tampak depan atau tampak samping mungkin lama-kelamaan menjadi biasa dan mainstream. Jadi coba perspektif yang baru. Kembangkan teknik perspektif maka hasil karya yang kita buat akan lebih keren lagi.
Seperti misalnya pada animasi gambar Naruto dan One Piece berkut ini.
Picture by : Sandfreak at Deviantart . gambar ini dari fans page sih, tapi cocok untuk merepresentasikan manga yang menggunakan teknik perspectif satu titik lenyap yang berada di tengah. gambar ini menggunakan model penglihatan dari atas atau pandangan mata burung.


Picture by: Iviarke deviantart

Jadi, selamat berlatih mengembangan teknik perspektif, saya juga sepertinya harus melatih perspektif saya yang masih kacau seperti ini : (





0 komentar:

Posting Komentar

 

Flickr Photostream

Twitter Updates

Meet The Author