Menggambar Still Life , Menggambar Buah



       Dalam belajar menggambar atau tes menggambar dasar, yang sering sekali kita jumpai adalah kita diminta menggambar buah-buahan yang ditata diatas piring dan kita harus menggambar secara langsung. Teknik menggamar seperti itu biasanya disebut dengan menggambar Still Life , hal tersebut sangat membuat frustasi, bayangkan saja dari pada diberi tugas menggambarnya bukankah lebih baik dimakan saja dan beres?.  Tetapi ternyata kita memang harus benar-benar menggambarnya.

  1. Kumpulkan beberapa jenis buah yang akan kamu gambar dalam satu mangkuk atau piring. Lebih baik pilih mangkuk yang tidak transparan karena lebih tekniknya yang lebih rumit. Sementara pilih piring keramik dulu ya.untuk melatih kepekaan tekstur. Untuk obyek buah bisa kita pilih, apel merah biasanya populer dengen nama Apel Wasington, buah yang kedua yang lebih lokal saja, kita pakai buah manggis, dan buah impor khas imlek, Jeruk Ponkan yang biasanya di bungkus pake plastik.
  2. 1.    Kemudian kita mulai untuk membuat sket awal. gambarkan bagian garis terluar dari sebuah benda sesuai sudut pandang pertama mu. Aku memilih sudut pandang seperti dalam foto ini 
    buat sketch awal
  3.    .       Arsir tipis permukaan-permukaan yang lebih gelap, dan biarkan tanpa arsiran, permukaan-yang tersinari cahaya. pada permukaan yang lebih gelap, arsiran bisa di pertebal lagi dengan menumpuk arsirannya.
  4. Identifikasi bagian-bagian gelap dan terangnya supaya intensitas arsiran bisa diaplikasikan.
     
  5. 1.    Kira-kira seperti ini
     
  6.  Buat beberapa garis tegas di sebelah belakang arah datangnya cahaya

  7. Cara mengrsir tiap karakter buah juga berbeda satu dngan yang lain, untuk apel, karena dia punya kulit yang mulus, maka arsirannya juga halus atau berupa garis-garis arsiran tanpa modifikasi arsir. 
  8. Sedangkan cara mengarsir jeruk yang lebih bertekstur, cobalah untuk mengarsirnya dengan membuat garis-garis melingkar yang tidak putus.
  9. .    Untuk tekstur manggis, cobalah perhatikan bagaimana penampakan kullit manggis? Sekilas memang tampak halus dan memantulkan cahaya, namun juga diperhatikan, ada beberapa tambahan tekstur halus yang harus kita buat untuk membedakannya dengan tekstur apel.

  10.        Kemudian, kita juga harus membuat piringnya atau mangkuknya.

  11. .    Buat arsiran tebal dibawah piring untuk efek bayangan
  12.       Kemudian kita menuju kebawah lagi dengan memperhatikan, meja tempat semua obyek tersebut berdiri. Nahh karena disini aku punya sebuah pustek kayu, berwarna hitam, maka yang harus dilakukan adalah mengarsirnya dengan sapuan yang berulang kali. Sapuan pertama bisa dlakukan dengan menggunakan sedikit tekanan pada pensil. Yang terpenting menutupi semua permukaan obyek, setelah itu diarsir lagi dengan sapuan kedua dan seterusnya. Jangan lupakan juga arah datangnya cahaya, meskipun benda gelap, namun jika benda tersebut berada membelakangi arah datangnya cahaya, maka tetap saja harus ada bagian yang diarsir sangat gelap, dan jangan terlalu sangat gelap di bagian yang lain.

  13. Oh ya, di bagian yang horisontal meja kayu, ada semacam pola karakter vertikal dalam kayu yang terlihat karena kayu di gergaji, kita harus membuat juga bagian ini
  14. .    Sekarang gunakn penghapus untuk sisa-sisa pensil yang tidak rapi, Hapus juga spot-spot yang arsirannya lebih terang untuk memberikan efek pantulan cahaya
    Berikan efek mengkilap dengan menghapus tepian Piring

    16. Menghapus bagian-bagian terang obyek buah.
    efek cahaya pada tempi buah

1         17.   Oke, setelah semuanya tergambar, buat backgroundnya. background bisa memilih pola             apapun, disini background yang dipakai adalah kertas yang telah dremas sehingga                       membentuk suatu tekstur.
background tekstur supaya tidak monoton
    18. Yak gambar sudah jadi
Setelah selesai bisa disimpan didalam pigura supaya lebih cantik
biar lebih manis, di masukkan pigura ya atau file collected


d      Demikian step by step Menggambar Buah still life, semoga bisa membatu. kami akan kembali lagi dengan menggambar berikutnya. Terimakasih

     Compossed by : Palupi S
     Artist              : Angga Y.S

3 komentar:

Posting Komentar

 

Flickr Photostream

Twitter Updates

Meet The Author